Pages

Selasa, 05 November 2013

15 'Harta Karun' yang Ditemukan Dalam Rokok

               
   Merokok dapat menyebabkan kangker (dalam arti sebenarnya ataupun dalam arti ‘kantong kering’),  serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin. Saya kira semua orang telah membaca dan mendengar kalimat ini ribuan kali dalam hidup. Tapi herannya, masih banyak juga pengguna rokok berat yang mencemari lingkungan, paru parunya sendiri bahkan paru paru orang lain. Jujur aja, soalnya saya gak suka banget kalo ada orang merokok di depan saya, rasanya ingin nempelin poster ‘NO SMOKING’ b
esar besar di wajah saya.
               
                Dan kebetulan sekali dalam pencarianku tentang bahaya rokok, saya menemukan gambar yang sensasional di atas itu. Sumber gambar : http://abutiar.blogspot.com/2010/06/merokok-dapat-menyebabkan-kangker.html . gambar itu menginspirasi saya untuk membahas satu persatu bahan bahan tak pantas konsumsi yang terkandung dalam barang beracun tapi banyak penggemarnya yang sering dipanggil ‘rokok’ itu.
1.    1.  Sodium Hidroksida
Disebut juga Natrium Hidroksida ataupun Soda Kaustik dan termasuk dalam kelompok basa kuat adalah sejenis basa logam kaustik. Zat ini digunakan dalam produksi kertas, tekstil, sabun, dan detergen.
2.   2.   Asam Asetik
Asam lemah ini mungkin cukup terkenal karena ada di kehidupan kita. Yap, ini adalah bahan dasar pembuatan cuka. Namun yang perlu diingat dalam pembuatan cuka, konsentrasi asam ini hanya 5% saja. Namun dalam konsentrasi yang tinggi zat ini merupakan zat korosif yang sangat berbahaya bagi kulit.
3.    3.  Formalin
Sepertinya telinga orang Indonesia nggak akan merasa asing dengan salah satu zat berbahaya ini karena berbagai kasus pemanbahan formalin dalam beberapa produk makanan. Dan sepertinya untuk hal ini saya tidak perlu bernicara banyak. Karena bahaya formalin dari kulit yang kemereahan, kerusakan hati dan bla . . . bla . . . bla . . . kita sudah terlalu sering mendengar berita di TV.
4.   4.   Naptalin
Mirip nama orang ya? Naftalin siapa gitu . . . *lupakan* Naptalin itu zat yang biasanya ada di pewangi pakaian, yang bola bola itu. Kalo di tempat saya sih orang biasanya bilangnya kapur barus. Iya itu, yang buat kamar mandi juga itu lo.
5.   5. Asetanisol
Asetanisol adalah bahan yang biasanya buat parfum. Tapi kalo parfum kan dipakainya diluar, nggak dimasukin ke tubuh macam itu. Bayangin aja, orang yang merokok itu gak ada bedanya sama orang yang minum parfum Mamanya.
6.       6. Hidrogen Sianida
Hidrogen sianida (HCN) adalah sebuah sebatian nonorganik. Zat ini adalah racun manusia yang katanya juga pernah digunakan oleh para teroris. Yang ini baru gila, ternyata HCN juga digunakan untuk bahan baku racun tikus. Heran, perokok itu macam pemain debus ya, ngisep racun tikus dan masih bugar kayak gitu, jempol deh, >,<.
7. Hidrasin
Hidrasin (N2H4) adalah senyawa turunan dari amonia. Dan biasanya digunakan buat bahan bakar mesin roket. Kalo bisa bikin kita meluncur sampe bulan sih gak papa, tapi kalo meluncurnya ke akherat ya jangan aja deh.
8.   8. Aseton
Girls, kenal aseton kan, yap, buat bersihin kuteks itu. Aseton itu senyawa yang berbentuk cairan tidak berwarna dan sifatnya mudah terbakar. Dan selain buat bersihin kuteks, aseton juga berfungsi untuk melarutkan berbagai macam plastik. Bayangin zat kayak gitu masuk di tubuh kita.
9.   9. Kadmium
Kadmium (Cd) adalah logam berat yang sangat berbahaya karena beresiko tinggi terhadap pembuluh darah (Nah lo!). Zat ini dalam jangka panjang dapat terakumulasi di ginjal dan hati, dan pada kadar rendah dapat menyebabkan kerusakan paru paru. Dan itu terbungkus dalam sebatang rokok! Bayangin!
10 Metanol
Metanol (CH3OH) mungkin kalo di kehidupan sehari hari lebih dikenal sebagai spiritus. Zat ini adalah cairan mudah menguap yang memiliki bau yang khas. Di zaman mesir dulu, zat ini digunakan buat campuran pengawet mayat. Dan kalo sekarang, untuk bahan bakar, bahan peledak, dan campuran cat.
11. Polonium-210
Ini adalah zat radioaktif. Taulah, semua zat radioaktif gak bakalan memberi maaf buat kita yang sudah diradiasi. Jadi buat para perokok, siap siap aja umurnya dipotong, soalnya zat ini bakal mengakibatkan kerusakan hati dan radiasi dari zat ini itu gak ada obatnya.
12. Geraniol
Tahun 1994 lima perusahaan rokok terbesar mendaftarkan zat ini ke dalam daftar 599 zat berbahaya yang terkandung di rokok yang fungsinya untuk meningkatkan aroma. Dan ternyata zat ini biasa digunakan sebagai pestisida.
13. Cinnamaldehyde
Ini adalah zat yang ada dalam kayu manis yang kucing dan anjing aja males buat nyentuh, eh, manusia malah coba coba.
14. Toluene
Toluene adalah hidrokarbon yang digunakan secara luas buat stok umpan industry juga buat pelarut. Zat ini juga digunakan untuk inhalasi karena sifatnya memabukkan.
15. Urea
Urea atau CON2H4/(NH2)2CO adalah zat yang biasa digunakan untuk pupuk pertanian, cat dan banyak lagi. Urea juga dikeluarkan oleh manusia dalam bentuk air seni. Itu racun udah dikeluarin otomatis sama tubuh, kenapa dimasukin lagi.


Jadi, Bapak Bapak Ibu Ibu semuanya, sadarlah kalo rokok itu berbahaya. Tolong dong sayangi badan sehat dan bugar pemberian dari Allah itu, jangan dirusak Cuma buat kesenangan sesaat. Apa enggak nyesel kalo nanti masa tuanya menjadi kakek nenek yang sakit sakitan sedangkan yang lain masih bugar. Dan jangan lupa, kalo kalian merokok itu kalian juga meracuni orang lain. Kasihan kan, orang orang yang enggak ngerasain enaknya tapi dapetin penyakitnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar